Inglourious Basterds, propaganda apa lagi ini


Inglourious Basterds, banyak yang berkata bahwa film ini sangat bagus, oleh karenanya aku menyempatkan diri untuk menontonnya.

Berdua dengan sang istri, menyisihkan waktu setelah anak kami tertidur, dan film pun terputar.

Sepuluh menit awal sepertinya baik baik saja, lalu layarpun beralih ke pihak yahudi, dan tiba tiba darah dan kekerasan mulai terlihat di mana mana.

Istriku tak mampu untuk melanjutkan menonton film itu, walau dengan resiko kehilangan sebuah tontonan yang “katanya” bagus.

Akupun tak berminat melanjutkan menonton film itu, setidaknya tidak malam itu.

Siang ini di tengah renungan siang, aku memikirkan suatu adegan dalam film itu, aksi yang dilakukan tentara jews yaitu menguliti kepala tentara nazi.

Itu adalah tindakan biadab menurutku, sama biadabnya dengan gas chamber (walau peristiwa kamar gas masih tetap dipertanyakan kebenarannya sampai saat ini).

Lalu apakah itu berarti jews sama biadabnya dengan nazi?

Akupun beralih ke adegan ketika sang Aldo Raine berpidato, dalam pidatonya dia berkata bahwa dia adalah turunan indian dan ia meminta bayaran dari tiap tentaranya 100 kulit kepala nazi.

Wah wah, ini bisa jadi pembenaran, bahwa sesungguhnya jews tidaklah kejam, yang mereka lakukan hanyalah mengikuti perintah dan membayar hutang mereka kepada sang pimpinan yang keturunan Indian yang kebetulan melanjutkan tradisi pengulitan kepala.

Jadi di film itu yang jahat adalah orang Indian?

Aku belum menonton keseluruhan film itu, jadi aku tak tahu jawabannya, hanya berusaha berpikir dari sudut yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Mungkin ada pemikiran yang lain? Silahkan berkomentar.

Related Post



1 Response
  1. fishdiver Says:

    emang film ini menampilkan banyak kekejaman. tapi gak lebih kejam daripada SAW series :D

    There's no such a good war!

    Cantik yang berbahaya


Thank you for your comment, i really appreciate it

Gema Pramugia