Refleksi Sponge Bob Dalam Kehidupan

Kebetulan kemaren nonton filem Sponge Bob bareng Kevin, menurutku film itu jauh dari film anak anak, karena kupikir anak anak kecil sulit untuk mengerti apa yang terkandung dalam film itu. Seperti kisah ini:

Dalam salah satu adegan, diceritakan di sebuah super market, dan Sponge Bob dengan semangatnya berusaha membawa makanan dengan troli dan menyerahkan belanjaannya ke meja kasir sambil tak lupa menghitung berapa waktu yang ia tempuh untuk melakukan hal itu.

Dan ternyata rekor baru tercipta, lalu iapun mengeluarkan buku rekornya di depan sang kasir yang terlihat begitu kuyu dan tak bersemangat meladeni ulah sang spounge, namun tentu saja Sponge Bob adalah Sponge Bob, makhluk yang begitu ceria yang bahkan terlalu ceria sehingga tak menyadari keadaan dunia luar. Sponge Bob memaksa kasir untuk membubuhkan tanda tangannya di buku tersebut sebagai saksi atas terciptanya rekor baru berbelanja.

Walah ternyata di buku tersebut terdapat foto sang kasir beberapa tahun lalu, ketika ia begitu tampak muda dan penuh semangat. Namun apa yang terjadi, tahun demi tahun terlampaui, getir getir kehidupanpun terlewati, usia muda dan semangat sang kasir pun semakin hilang tersapu dari wajahnya.

Apa yang terjadi sebenarnya? Apakah sang kasir merasa jemu dengan pekerjaannya? Dengan kehidupannya barang kali? Coba tengok Sponge Bob, ia sama sekali tidak berubah, tetap ceria tetap semangat dan tetap kotak.

Apa yang membedakan spounge dengan kasir? Cerita kehidupan mereka tetap sama dari hari ke hari, mingu ke minggu , bulan ke bulan, tahun ke tahun.

Apakah karena Sponge Bob menganggap semua kejadian di dalam kehidupannya, sekecil apapun adalah “ a matter life and death?”, jadi kagak ada yang ga penting semua adalah penting dan lakukanlah dengan sepenuh hati…………..

Lalu Si Kasir menganggap kehidupan/kerjaan dia ga penting, masa orang dengan potensi seperti dia Cuma jadi kasir, lalu bekerja setengah hati dan setengah hatinya lagi habis buat mendongkol….

Loh kok jadi berpikir tentang hidup/pekerjaanku sendiri???? Apakah aku seorang Sponge Bob atau Kasir???......

Bagaimana NaC Thanc, any comments?

Related Post



6 Responses
  1. mungkin simple film na tp kalau mau digali *koq kaya' kuburan pake digali, dijitak* pasti ada yg bisa diambil ^^


  2. raden felix Says:

    Bener banget tu mas Gemaa....Sbnernya masi banyak dari film2 Spongebob yang bisa kita ambil hikmahnyaa...Cuma aku lupaaa,,
    heheee,,


  3. sentil Says:

    Sponge bob..adalah tipe yang mencari passion setiap harinya. Dia selalu mengerjakan sesuatu yang menurutnya menyenangkan.


  4. mungkin kita bisa meniru semangat yang dimiliki oleh spongebob? selalu semangat dan ceria...asik kali ya???


  5. evi kurnia Says:

    memang bukan pilem anak2 tuh mas... not recomended


  6. abbeprior Says:

    it was a childhood, in the country who made it loud anak2 lbh cenderung hyperaktif, dan non stop activity. inilah semangatnya. tokoh2 di serial itupun dikreasikan untuk pembelajaran. Mengapa harus persegi, mengapa harus berwarna kuning, mengapa harus sponge laut, mengapa harus spontan tragedy. semua ada maksudnya. seperti juga kehidupan kita, semua ada maksdunya.

    Nice post buddy!


Thank you for your comment, i really appreciate it

Gema Pramugia