Sekilas Mengenai Adsense Break Down Report

Ternyata dari blog bisa menghasilkan uang, wuih mantap sekali, menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan tambahan, tinggal bikin blog lalu pasang adsense, mudah. Itu adalah persepsi awalku, tetapi tenyata kenyataannya tidak semudah itu. Sama seperti bidang bidang lainnya, untuk sukses, perlu kerja keras dan totalitas.

Langkah awal yang kulakukan adalah jelas, pasang adsense, tinggal register, lalu pasang script, jadi deh. Berikutnya adalah belajar memahami istilah istilah yang ada.

Berdasarkan pengalamanku, aku lebih mudah untuk menangkap suatu hal baru bila hal tersebut aku tulis atau praktekkan langsung, untuk itu aku coba menerjemahkan istilah yang kutemukan ke dalam bahasa Indonesia. Berikut isinya:

Apa perbedaan antara impression dan page view?


Kita tentu telah melihat kedua istilah ini digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda. Walaupun sebenarnya kedua istilah itu memiliki maksud yang sama, konteks-lah yang membedakan keduanya. Page view adalah sebuah pengukuran atau penghitungan terhadap traffic sebuah website. Dalam konteks ini, page view merepresentasikan setiap kali sebuah page/halaman dari website kita di requested oleh visitor. Jika kita memiliki tiga visitor dan masing masing dari mereka membuka lima halaman, hasilnya berarti adalah lima belas page view untuk situs kita.

Impressions adalah sebuah penghitungan mengenai berapa kali ads/iklan kita tampak di dalam situs kita. Sebuah impression terjadi setiap kali unit dari ads kita ditampilkan. Jika kita memiliki dua unit ads dalam halaman situs dan lima visitor membuka halaman tersebut, berarti kita memilki sepuluh impression karena masing masing dari pengunjung situs kita akan melihat dua unit ads tersebut.

Apakah unique IP address sama dengan unique visitor?

Sebuah IP pada dasarnya adalah sebuah pointer untuk komputer dan server pada internet agar dapat saling mengidentifikasikan satu sama lainnya. Sebagai contoh, ketika kita mengetik www.chitika.com ke dalam web brower, komputer kita dan server mereka dapat saling mengidentifikasi satu dengan yang lainnya berdasarkan IP ini. Ketika kita melihat suatu jumlah unique IP yang mengakses situs kita, hal tersebut juga berarti jumlah komputer yang mengakses informasi ke situs.

Kita akan mendapatkan suatu area yang menyebabkan kedua istilah ini menjadi tidak terlalu jelas yaitu ketika seorang pengunjung mengakses situs kita dari beberapa komputer dengan IP berbeda, sebagai contoh, mereka mengaksesnya saat mereka berada di kantor dan saat mereka di rumah. Dalam hal ini, visitor dan IP address masing masing berjumlah dua, akan tetapi sebenarnya hanya ada satu unique visitor. Sebaliknya, rumah, atau kantor dapat memiliki jaringan computer yang hanya menggunakan satu IP saja, pada kasus ini, apabila dua pengunjung dalam satu jaringan mengakses situs kita, unique IP addres yang terhitung adalah satu walaupun sebenarnya unique visitor ada dua. Secara umum, web statistic mendasarkan perhitungannya pada unique visitor, walaupun tentunya dengan beberapa teknik estimasi diaplikasikan disini.

Apakah clicks, CTR, Avg CPC and eCPM ?

Seperti di bahas di atas, sebuah impression di hitung setiap kali sebuah ads ditampilkan pada pengunjung situs. Hal ini dapat terjadi berkali kali dalam sebuah halaman apabila dalam halaman tersebut terdapat banyak ads. Sebuah click adalah unit terkecil yang digunakan sebagai basis penghitungan, sebuah click terjadi ketika pengunjung mengklik unit ads kita. CTR atau click-through-rate adalah persentase dari impression kita terhadap jumlah click, sebagai ilustrasi, jika situs kita memiliki 1000 impression per hari dan 10 kali clicks, berarti kita memiliki 1% CTR.

Average CPC atau cost-per-click aalah angka rata rata yang kita dapat untuk setiap click dari unit ads kita. Angka ini merepresentasikan angka rata rata dari CPC yang kita dapat untuk setiap clicks setiap hari. Angka CPC sangat fluktuatif tergantung pada pasar, memiliki angka rata rata dari CPC membantu kita mengilustrasikan trend yang terjadi pada unit ads kita.

eCPM or effective cost-per-thousand impressions (M melambangkan angka romawi untuk angka 1,000) adalah sebuah unit yang di desain untuk menormalisasi performance CPC sebuah unit, secara gamblangnya, angka ini menjelaskan berapa pennghasilan kita dari setiap 1000 impression kita berdasarkan CTR dan CPC kita. Sebagai contoh, jika kita memiliki 1000 impression, dan 2% CTR, berarti kita memiliki 20 click, jika average CPC adalah $0.20 untuk masing masing click, maka kita mendapatkan $4 untuk 1,000 impressions – $4.00 eCPM.”

Semoga tulisan ini bisa memberikan setitik sinar terang untuk diriku yang masih baru di dunia ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program adsense dari Chitika, silahkan klik di sini

Related Post



0 Responses

Thank you for your comment, i really appreciate it

Gema Pramugia