Resolusi taman

Tahun baru telah tiba, semangat baru, resolusi baru, cara pandang baru? Semoga. Banyak hal yang belum tertuntaskan di tahun kemarin, semoga dapat mewujudkan beberapa diantaranya tahun ini.

Mulai dari mengurus kebun/taman, sampai saat ini tamanku masih minimalis apa adanya dengan sedikit pernak pernik tanaman hias yang kebanyakan adalah boyongan dari rumah orang tua, anggrek, lalu sejenis anthurium dan tanaman lainya yang aku pun tidak tahu namanya.

Semua itu terasa belum cukup, karenanya rencanaku untuk taman adalah:

• Beli cemara perak, entah mengapa aku sangat menyukai cemara dan pinus, mungkin karena sejak kecil rumah orang tua selalu penuh dengan cemara dan pinus, aku suka warna hijau daun pinus dan keperakannya daun cemara (apakah cemara dan pinus berdaun?) Pinus saat ini sulit di cari, kalaupun ada, ukurannya sudah terlalu besar untuk ukuran rumah minmalisku (di atas langit ada langit dan di bawah bumi masih ada lapisan bumi lainnya, maksudku, ungkapan minimalis disini adalah bukan untuk menunjukkan rasa tidak bersyukurku). Untuk itu aku fokus mencari cemara perak, jenis ini mudah di dapat, tidak murahan dan jelas tidak semahal cemara udang. Aku berencana membuat barisan cemara sebagai pembatas pekarangan rumahku dengan pekarangan rumah tetangga, dan satu barisan lagi untuk pembatas carport. Dengan satu baris terdiri atas 5 pot cemara, aku pikir itu sudah lebih dari cukup. Untuk harga, sampai saat ini Lembang masih menjadi favoritku, namun jarak yang terlalu jauh menjadikan hambatan terbesar untuk melaksanakan niat ini. Status saat ini adalah keep searching mencari tempat termurah untuk cemara.

• Tamanku terserang kutu putih (mealy bug), aku harus browsing di internet mencari cara ampuh untuk membasmi hama ini, jangan sampai sang kutu terbang dan hinggap di tanaman hias yang lain. Untuk obat anti hama, aku pikir trubus sudah lebih dari cukup, tapi siapa tahu ada cara murah meriah untuk menghilangkan kutu ini.

• Rencana berikutnya adalah membuat kebun sayuran, hal ini didasari oleh kenyataan bahwa setiap kali belanja ke pasar, uang begtu cepat menguap hanya utuk beli sayuran. Jadi rencananya adalah menanam sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, cabe rawit, mungkin tomat dan cabe merah/hijau. Untuk itu aku perlu beli media tanam beserta bibit sayuran, sekali lagi trubus aku rasa masih memadai.
• Selanjutnya, tambah ikan koi untuk kolam belakang rumah, wah untuk ini aku masih menunggu kiriman dari bogor :)

Related Post



1 Response
  1. Anonim Says:

    wah gem..tamanku malah tampak hijau smua..skarang malah mencari bunga yg warna warni.tanaman ku jg diserang hama kutu putih trus ak pake obat decis beli di tempat tanaman klo ngga salah harganya 25 rb-an..cuman hrs sering disemprot paling nggak seminggu sekali..eh malah skrng banyak bekicot haaah..


Thank you for your comment, i really appreciate it

Gema Pramugia