Kanker Paru Pembunuh Utama Di Dunia Saat Ini

Berikut ini adalah catatan yang berhasil aku kumpulkan dari kuliah di twitter yang di bawakan oleh hotradero 

Karena ini adalah bersumber dari twitter, maka silahkan membacanya dari bawah ke atas :)

1. SCLC (sel kecil) lebih jarang ada, tetapi bila muncul akan tumbuh cepat & lebih mungkin ber-metastasis (menyebar) ke organ lain.

2. #kanker paru2 secara umum terbagi 2 - berdasarkan ukuran sel tumor. Disebut Kanker Sel Kecil & Kanker Sel tdk kecil (SCLC & NSCLC)

3. Ketika #kanker paru2 mengalami metastasis - maka akan jadi tumor primer sementara organ baru yg terjangkiti jadi tumor sekunder.

4. CATATAN: saya nggak benci perokok. Saya cuma benci asap rokoknya. Kalau tdk dikeluarkan - saya akan sangat berterima kasih :)

5. Repotnya, sel2 #kanker paru2 dpt menyebar melalui sel limfa & mengikuti aliran darah sehingga menyebar ke organ2 lain => metastasis.

6. Umumnya tumor di paru2 bersifat ganas (malignant). Berkembang cepat menjadi #kanker yg menyerang serta menghancurkan sel2 sehat.

7. Massa sel/tumor menjadi berbahaya krn merampas oksigen, nutrisi serta ruang hidup dari sel2 normal yg sehat =>Populasi turun.

8. #kanker paru2 dimulai ketika sel normal tiba2 berubah & tumbuh berkembang biak tanpa kendali normal. Sel2 itu membentuk massa/tumor.

9. Dari semua penderita #kanker paru2 - hanya 14% yg dapat bertahan hidup lebih lama dari 5 tahun. Kebanyakan jauh sebelum itu.

10. Saat ini #kanker paru2 menjadi kanker pembunuh utama di dunia. Pria & Wanita. Pada wanita bahkan sudah melewati kasus #kankerpayudara.

11. Pria perokok seumur hidupnya punya kans 17,2% terkena #kankerparu2 - perokok wanita 11,6%. Non perokok? 1,3% dan 1,4%. Bandingkan.

12. Rokok menjadi sumber karsinogen istimewa krn ditemukan jejak setidaknya 60 bahan pencetus #kanker di dalam sebatang rokok.

Related Post



1 Response
  1. AstyNNS Says:

    Saya paling suka poin no 4, saya nggak benci perokok. Saya cuma benci asap rokoknya. Kalau tdk dikeluarkan - saya akan sangat berterima kasih :)!!! ;-D

    Kunjungi blog sy lainnya:
    www.grosirlaundry.com


Thank you for your comment, i really appreciate it

Gema Pramugia